Sunday 2 February 2014

Makhluk masa lalu

pikiranku melayang. mungkin sekarang telah terbang ke awan-awan. aku berharap ada segerombolan awan yang lalu menghiburnya. karena apa? karena pikiranku ingin pergi jauh dariku. jika pikiranku pergi, aku harus berpikir dengan apa nanti? pikiranku memang terkadang liar, terkadang jinak, terkadang membosankan dengan pembahasan yang itu-itu saja. tapi, aku mencintainya. pikiranku yang kupuja. pikiranku yang bisa membawaku lepas dari belenggu kepenatan yang menyiksa.
yah, paling tidak, jika nanti pikiranku melayang, awan putih bisa sekedar menenangakannya untukku. paling tidak awan itu bisa mencoba berubah bentuk dengan menariknya hingga pikiranku nanti senang. paling tidak awan itu bisa menghentikan pikiranku dari pikiran untuk lari dari diriku. dan akhirnya pikiranku bisa kembali lagi padaku. memenuhi hariku dengan berbagai ide-ide cemerlang untuk masa depan.
tapi terkadang aku ingin pikiranku pergi dariku. aku ingin mengusirnya jika tiba-tiba dia mulai menyesakiku dengan makhluk-makhluk di masa laluku. hal yang paling aku tidak suka, mengingat. aku tidak suka mengingat. dan jika pikiranku memaksaku mengingat, aku akan murka dan ingin segera melemparkannya ke neraka.
pikiranku suka sekali menyimpan memori. berbagai gambar terekam, berbagai adegan terfilmkan dengan rapi di deretan memori. ada kalanya aku memang suka jika pikiranku mengajakku diam dan mengingat ketika bahagia menjelangku. tapi aku akan mulai gila jika pikiranku menarikku pada makhluk masa lalu yang tak begitu jelas dalam ingatan. kepalaku selalu saja berhasil dibuatnya nyeri, dibuatnya menggerutu dan mengiba kelu. ah, kenapa juga aku selalu benci mengingat makhluk masa lalu. bukannya aku tidak menghargai kebaikan mereka, tapi aku hanya tak ingin mengingatnya. ah, satu saja makhluk yang bisa kutolerir keberadaannya. ibu. yah, ibu saja. ibu yang melahirkan aku ke dunia. tentu saja aku bisa dengan mudah mengingatnya. bukan hanya ingat. di luar kepala sudah. untuk hal itu, aku tak bisa marah pada pikiranku.

No comments:

Post a Comment

Write me your comment