Saturday 2 March 2013

cantik itu luka



cantik itu luka.
kisah seorang anak yang terlahir tidak cantik tapi dinamai "cantik". karakter yang menjadi kunci awal bahwa perjalanan cerita akan dihiasi dengan makna tersembunyi yang dalam. ya. cantik itu luka. novel yang ditulis oleh Eka Kurniawan itu benar-benar membuat saya terpikat.
saya tidak pernah menyangka akan ditarik dalam dunia imajinasi yang sangat mengesankan, menakjubkan, membuat semua yang terjadi di buku serasa benar-benar terjadi di dunia nyata. saya bukan seseorang yang dengan mudah bisa terjerumus ke dalam sesuatu yang tengah saya baca. tapi buku ini, tulisan ini, karya ini, membuat saya hampir melupakan dunia nyata yang tengah saya jalani.
dari bab pertama saja saya sudah benar-benar terbawa dalam suasana bertahun lalu lamanya, sebuah peristiwa di mana seorang wanita menjalani masa hidupnya yang serba ajaib. wanita yang mengalami kemunduran dalam nafsu menikmati kehidupan. ya, ia ingin mati dengan caranya sendiri. dialah sang tokoh utama dalam cerita ini. seorang wanita cantik keturuanan Belanda yang terdampar di Indonesia karena suatu perkara. menjalani hidupnya sebagai seorang wanita yang menjajakan kemaluannya hanya karena ia menjadi tawanan jepang yang tengah berkuasa. dalam keadaan terpaksa itulah ia tergiring menjadi wanita yang menikmati lakonnya.
satu persatu misteri terungkap. semua karakter tereksplorasi dengan baik oleh sang penulis. semua karakter mempunyai keterikatan  satu sama lainnya. itulah, hal serumit apa pun terlihat sangat realistis di tangan sang penulis.
ia menceritakan dengan runtut peristiwa demi peristiwa yang  hadir di sana. dari penceritaan tentang anak keturunan sang tokoh utama, pembaca dibawa ke masa lalu yang komplikasinya benar-benar menakjubkan. dari kisah cinta, perjuangan, pengorbanan, keterpaksaan, keikhlasan, tahayul, magis, semua hal diangkat, menjadikan karya ini benar-benar seperti kisah nyata yang benar-benar ada.
terungkapnya jati diri tiap karakter tidak membuat kita lantas bisa menebak akhir ceritanya dibawa ke mana oleh sang penulis, misteri yang menjadi pokok utama ternyata hanya sekelumit permasalahan di masa lalu yang jarang diperhatikan oleh pembaca. tapi di sanalah kekuatannya. daya pikat yang membuat nalar kita tersentak seakan menjerumuskan kita pada sebuah perasaan yang "wah" selesai membacanya.
sungguh, tak pernah ada yang menyangka bahwa dendam yang kuat menjadikan cerita ini memiliki kekuatan tak terbatas dalam penceritaannya.

No comments:

Post a Comment

Write me your comment