Monday 11 February 2013

aku wanita. aku perempuan


Aku wanita. Aku perempuan.
Aku punya vagina seperti kebanyakan perempuan.
Aku punya payudara seperti wanita kebanyakan.
Aku punya rambut panjang yang rentan kerontokan,
Sama seperti wanita dan perempuan kebanyakan.

Aku wanita. Aku perempuan.
Mereka bilang tugasku ada di dapur penuh kepulan.
Mereka bilang kodratku mengurus keturunan.
Mereka bilang kewajibanku memuaskan di ranjang.
Mereka bilang aku tak wajib bersekolah panjang-panjang.
“toh, nantinya kamu jadi istri juga.” Kata mereka lantang.

Aku wanita. Aku perempuan.
Aku pun manusia sama seperti kalian, wahai pejantan.
Aku iri pada kalian yang bisa mengeluarkan keluh kesah kalian.
Apa kalian pikir aku tak punya omelan?
Apa kalian pikir aku hanya ditakdirkan untuk mengangkang?

Aku wanita. Aku perempuan.
Aku memang sering terdiam.
Bukan karena pasrah pada keadaan.
Aku hanya menunggu kesempatan untuk membungkam mulut kalian.
Ini bukan peperangan. Ini hanya tuntutan keadilan.
Memang kita beda kelamin, tapi kita sama punya otak, bukan?




2 comments:

Write me your comment